Tiga Mitos dan Fakta tentang Leukemia, Yuk Kita Cari Tahu Kejelasannya!

Tiga Mitos dan Fakta tentang Leukemia, Yuk Kita Cari Tahu Kejelasannya!

Di lansir dari buycheapmichaelkorsoutlet.com, leukemia adalah kanker jaringan pembentuk darah tubuh. Termasuk sumsum tulang belakang dan sistem limfatik. Jenisnya pun ada banyak. Beberapa jenis lebih sering terjadi pada anak-anak. Sementara bentuk lainnya kebanyakan di alami oleh orang dewasa.

Namun, masih banyak mitos dan kesalahpahaman yang beredar tentang kanker darah ini. Pemahaman yang salah tentang leukemia bisa menyebabkan ketakutan dan kekhawatiran yang tidak perlu. Atau bahkan keputusan yang salah tentang pengobatan. Maka dari itu, yuk simak penjelasan tentang mitos dan fakta leukemia berikut ini.

1. “Leukemia bukan kanker”

Di kutip dari oakleysunglassessale.name/, jajak pendapat yang di lakukan badan amal nasional Inggris tersebut menemukan bahwa sementara mayoritas orang telah mendengar tentang leukemia sebelum terdiagnosis, sekitar dua pertiga di antaranya tidak menyadari bahwa leukemia adalah jenis kanker darah.

2. “Leukemia hanya memiliki satu jenis”

Leukemia adalah jenis kanker yang menyerang darah dan sumsum tulang, tempat terbentuknya sel darah. Semua jenis leukemia menyebabkan pertumbuhan sumsum tulang dan sel darah abnormal yang cepat dan tidak terkendali.

Perbedaan utama antara jenis-jenisnya termasuk seberapa cepat penyakit berkembang dan jenis sel yang di pengaruhinya.

Melansir Medical News Today, ada empat jenis utama leukemia, yaitu:

  • Leukemia limfoblastik akut atau acute lymphoblastic leukemia (ALL)
  • Limfositik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)
  • Mieloblastik akut acute myeloblastic leukemia (AML)
  • Mielositik kronis atau chronic myelocytic leukemia (CML)
3. “Leukemia hanya menyerang anak-anak”

Melansir HematologyAdvisor, leukemia adalah kanker anak yang paling umum, terhitung sekitar 28 persen dari semua kasus, menurut American Cancer Society.

Namun, anak-anak mewakili sebagian kecil dari pasien dengan leukemia. Faktanya, sebagian besar kasus baru terdiagnosis pada pasien usia 65 tahun ke atas, menurut National Cancer Institute.

Prevalensi berbagai jenis leukemia bervariasi menurut kelompok usia; di mana ALL adalah jenis leukemia yang paling sering terjadi pada anak-anak dan leukemia kronis yang paling umum pada orang dewasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *