Beberapa Grup Kpop yang Memproduksi Musiknya Sendiri

Beberapa Grup Kpop yang Memproduksi Musiknya Sendiri – Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi tetapi juga dalam hal karya mereka, yang sering kali diproduksi dengan sedikit atau bahkan tanpa masukan dari sang artis sendiri.

Swag dan Berkharisma, 10 Potret Kebersamaan Rap Line BTS

Namun belakangan, kian marak tren di mana para idol mendapat lebih banyak kontrol atas musik mereka, mengambil alih proses kreatif pembuatan hits yang kita suka. Ada semakin banyak grup idol yang memproduksi musik mereka sendiri.

Berikut ini adalah Grup Kpop yang memproduksi musiknya sendiri.

1. PENTAGON

Bukan rahasia lagi kalau ketua Pentagon, Hui, adalah penulis lagu yang jenius, setelah pernah menulis untuk artis-artis seperti Shinhwa dan Wanna One. Dalam hal musik, Hui dan rekan-rekan segrupnya aktif sepenuhnya terlibat dalam proses kreatifnya.

2. WINNER

Selain menulis sebagian besar lirik mereka, personil Winner memiliki peran aktif dalam produksi musik mereka sejak awal.

3. EXID

Wajar saja kalau kita tidak bisa lepas dari EXID sejak debut mereka tujuh tahun yang lalu. Grup ini punya produser andalannya sendiri yaitu LE, yang telah membantu membuat sebagian besar lagu-lagu EXID.

4. GOT7

Melansir dari http://buycheapmichaelkorsoutlet.com/ Meskipun awalnya mereka bukan grup yang membuat musiknya sendiri, GOT7 mulai semakin mengambil kendali atas karya musik mereka sejak EP mereka di 2016 Flight Log: Departure, dengan ketujuh member menggarap banyak trek sisi B di album-album mereka berikutnya.

5. DAY6

Rekan selabel GOT7 di JYP, DAY6, juga aktif dalam proses kreatif di balik musik mereka, yang dirasa pantas untuk grup yang diperkuat oleh para instrumentalis dan vokalis berbakat! Young K, Jae, Sungjin, dan Wonpil mengambil bagian dalam produksi rilisan terbaru grup “Time of Our Life,” tetapi bahkan single debut DAY6 dari 2015 pun secara mengesankan disusun dan ditulis oleh seluruh member.

7.(G)I-DLE

(G)I-DLE memang relatif baru di dunia K-pop, tetapi mereka sebagian besar memproduksi musik mereka sendiri, berkat bakat Soyeon sebagai penulis lagu dan produser.

8. Stray Kids

Tidak ada satu pun lagu Stray Kids yang tidak mengandung kontribusi personilnya, sebagian besar berkat unit produksi mereka, 3RACHA, yang terdiri dari Bang Chan, Changbin, dan Han.

9. Block B

Zico terkenal karena bakatnya sebagai produser, dan dia tidak hanya pernah mengerjakan sebagian besar trek Block B sendiri, tetapi juga meminjamkan keterampilan produksinya untuk menciptakan lagu untuk acara TV seperti Show Me The Money dan Produce X 101. Menurut http://motorvista.com Tapi Zico tidak sendirian, karena personil lainnya, khususnya Park Kyung, juga pernah berpartisipasi dalam proses kreatif untuk banyak musik Block B.

10. BTS

Grup ini sudah menulis musik mereka sendiri sejak awal, dengan tanggung jawab yang semakin besar untuk produksi katalog musik mereka yang panjang.  Bersama dengan produser in-house Big Hit Entertainment, Pdogg, Slow Rabbit, dan Supreme Boi. RM, Suga, dan J-Hope mengantongi banyak kredit untuk lagu-lagu grup, seperti “Ddaeng” yang hype banget.

11. SEVENTEEN

Mengakhiri daftar ini ada SEVENTEEN, grup yang pantas dijuluki “self-producing idols.” Woozi, bersama penyanyi/penulis lagu/produser Bumzu. Terkenal bertanggung jawab untuk menulis dan memproduksi sebagian besar musik grup, dari “Very Nice” hingga “Clap.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *