Cara Mudah Mempercepat Metabolisme

Cara Mudah Mempercepat Metabolisme

Cara Mudah Mempercepat Metabolisme

Cara Mudah Mempercepat Metabolisme, – Metabolisme adalah proses yang terjadi dalam tubuh secara alami setiap harinya. Metabolisme tubuh ini merupakan suatu proses di dalam tubuh manusia yang bakal mengubah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh menjadi energy. Dengan begitu kita bisa melakukan aktivitas sehari hari.

Intinya, metabolisme dalam tubuh itu sangatlah penting. Sebab, metabolisme mampu membakar lemak yang ada dalam tubuh menjadi sebuah energi. Dengan begitu setiap makanan yang masuk akan langsung diubah menjadi energy sehingga tidak ada penumpukan lemak di dalam tubuh.

Ketika kamu ingin mempertahankan atau menurunkan berat badan, memiliki metabolisme tubuh yang lebih tinggi akan sangat membantu. Belum lagi, lambatnya metabolisme adalah salah satu pemicu penyakit, misalkan obesitas dan diabetes.

Dengan mengubah beberapa gaya hidup, diharapkan kamu akan lebih mudah untuk meraih tubuh ideal serta sehat. Tanpa perlu basa-basi lagi, dirangkum dari berbagai sumber, kamu bisa mencoba cara-cara di bawah ini untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Penuhi kebutuhan cairan

Melansir https://slotpragmatic.asia/, tubuh membutuhkan cairan untuk memproses kalori. Jika kamu kekurangan cairan atau dehidrasi ringan, ini berisiko memperlambat metabolisme yang mana juga akan memengaruhi proses pembakaran kalori.

Minum air putih baik dengan suhu dingin maupun suhu ruangan sama-sama dapat melancarkan metabolisme. Hanya saja, efek yang diberikan akan sedikit berbeda.

Penelitian yang dimuat dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism tahun 2003 melaporkan, minum air sebanyak 500 ml (0,5 liter) dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 30 persen selama 10 menit dan maksimum 30-40 menit.

Lalu, bagaimana dengan air dingin? Melansir Healthline, efek pembakaran kalori yang didapat akan lebih baik lantaran tubuh akan mengeluarkan energi untuk menyesuaikan dengan suhu tubuh.

Terlepas air yang kamu minum bersuhu dingin atau tidak, setidaknya kamu telah mencukupi kebutuhan cairanmu. Nah, agar manfaat yang didapat maksimal, sebaiknya yang diminum adalah air putih, bukan minuman manis agar tidak mengandung kalori berlebih dan mencegah berat badan naik.

Konsumsi makanan pedas

Wah, kabar baik untuk pencinta makanan pedas. Bagaimana tidak, kapsaisin, zat alami dalam makanan pedas (seperti pada cabai merah atau hijau dan paprika) dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam jurnal Physiology & Behavior tahun 2006, yang memaparkan bahwa kapsaisin dapat melancarkan metabolisme.

Bahkan, suatu penelitian tentang kapsaisin dengan dosis wajar juga menunjukan jika konsumsi paprika dapat membakar sekitar 10 kalori untuk setiap makan. Bagi laki-laki dengan berat badan normal, dalam kurun waktu 6,5 tahun ini dapat menurunkan berat badan hingga 0,5 kg.

Namun, efek laju metabolisme dari kapsaisin ini hanya bersifat sementara. Jadi, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin untuk mempertahankan efek baiknya.

Oh ya, dengan manfaatnya yang telah disebutkan tadi, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Tetap konsumsi sewajarnya. Apa pun yang berlebihan jelas tidak baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *