Kominfo Siap Rilis Chatbot Whatsapp, Sediakan Informasi Akurat dan Interaktif Soal Corona

Kominfo Siap Rilis Chatbot Whatsapp, Sediakan Informasi Akurat dan Interaktif Soal Corona

Kominfo Siap Rilis Chatbot Whatsapp, Sediakan Informasi Akurat dan Interaktif Soal Corona

Kominfo Siap Rilis Chatbot Whatsapp, Sediakan Informasi Akurat dan Interaktif Soal Corona,- Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) menggandeng WhatsApp dan Telkom Group akan segera merilis chatbot WhatsApp terkait virus corona (Covid-19).

Chatbot tersebut nantinya akan memfasilitasi masyarakat untuk memperoleh informasi akurat secara interaktif sekaligus melawan hoaks seputar Covid-19 di WhatsApp.

1584702121_13

Konten informasi dan data dalam chatbot tersebut akan disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui akun chatbot WhatsApp bernama covid19.co.id.

“Kemenkominfo bekerja sama dengan Whatsapp (Facebook) dan Telkom Group sedang membangun Chatbot WA yang bisa di akses publik dengan nama akun: covid19.go.id untuk nomornya akan dipublikasikan secepatnya,” ujar Menkominfo Johnny G. Plate, Kamis (19/3/2020) sore, melalui konferensi pers secara livestreaming di channel YouTube Kemkominfo TV.

Chatbot WhatsApp ini rencananya akan diuji coba (live trial) mulai Jumat, 20 Maret 2020 sore atau malam. Tetapi dari pantauan Teknologi.id pagi ini, akun chatbot covid19.go.id sudah dapat diakses melalui tautan http://wa.me/6281133399000.

Setelah masuk ke jendela chat, pengguna tinggal mengetikkan kata apapun, misalnya “hai”, kemudian akun akan membalas dengan deretan pertanyaan yang berisi informasi seputar Covid-19.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut meliputi kabar Covid-19 terkini di Indonesia, penjelasan tentang Covid-19, gejala Covid-19, dan informasi rumah sakit rujukan bagi pasien terinfeksi Covid-19.

Selain itu, layanan gratis ini juga memberikan saran dan tips untuk mencegah dan melindungi dari dari penyebaran Covid-19.

Chief Operating Officer WhatsApp, Matt Idema menyebut pihaknya merasa senang dapat berkontribusi dan menyediakan hotline ini untuk membantu merespons pertanyaan seputar COVID-19 secara terpercaya.

Matt mengklaim rekomendasi kesehatan yang dibagikan chatbot ini dapat diandalkan dan akurat karena didukung oleh data dari pihak berwenang.

Chatbot Covid-19 ini dirancang dengan memanfaatkan API pada WhatsApp Business yang diklaim sebagai sistem tercanggih bagi bisnis menengah dan besar dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Akun chatbot pemerintah di WhatsApp ini melengkapi kanal informasi terkait virus vorona di Indonesia yang sudah ada sebelumnya, seperti SMS blast dengan pengirim BNBP melalui operator seluler, Call center 119, dan Public Service Announcement (PSA) oleh Lembaga Penyiaran Publik dan Penyiaran Swasta baik radio maupun televisi, serta informasi yang disampaikan oleh Penyedia Layanan Akses Internet (ISP), dan Penyedia Jasa Media online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *