Penyakit yang Disebabkan Oleh Kolesterol Tinggi

Penyakit yang Disebabkan Oleh Kolesterol Tinggi

Penyakit yang Disebabkan Oleh Kolesterol Tinggi

Penyakit yang Disebabkan Oleh Kolesterol Tinggi, – Kolesterol tinggi menjadi masalah banyak orang saat ini. Kolesterol sebenarnya berperan untuk pembentukan membran sel, hormon, dan vitamin D. Namun, kadar kolesterol yang tinggi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Kolesterol tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Kadar kolesterol darah yang tinggi bisa memicu timbulnya penyakit, terutama penyakit jantung.

Kolesterol tak melulu jahat. Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol dan menghasilkan zat ini secara alami. Akan tetapi, karena pola makan dan gaya hidup yang tidak seimbang, kadang tingkat kolesterol dalam tubuh menjadi berlebihan, dan hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan.

Melansir http://poker88asia.info/, Kolesterol tinggi dalam tubuh bisa memicu berbagai penyakit kronis, sehingga kadar kadarnya harus selalu dijaga dalam batas normal.

Apa saja masalah kesehatan yang bisa disebabkan karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi? Berikut jawabannya.

Penyakit jantung koroner

Risiko utama dari kolesterol tinggi adalah terjadinya penyakit jantung koroner. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri yang seiring waktu dapat membentuk plak dan menyebabkan pengerasan arteri atau aterosklerosis.

Menurut laman WebMD, kondisi ini kemudian menyebabkan arteri menjadi lebih sempit, yang memperlambat aliran darah ke otot jantung. Berkurangnya aliran darah ini dapat menyebabkan nyeri dada atau bahkan serangan jantung apabila pembuluh darah tersumbat sepenuhnya.

Tekanan darah tinggi

Kolesterol tinggi juga berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Dikutip dari laman WebMD, ketika arteri mengeras dan menyempit akibat penumpukan plak kolesterol dan kalsium, ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui aliran darah.

Akibatnya, tekanan darah menjadi sangat tinggi. Tekanan darah tinggi ini juga terkait dengan penyakit jantung.

Stroke

Kolesterol tinggi juga bisa memicu stroke. Dilansir dari laman Cleveland Clinic, stroke terjadi saat pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat atau pecah. Penyebabnya adalah tingginya kolesterol yang menempel di dinding arteri, yang menyebabkan suplai darah ke otak berkurang.

Perlu diingat, ketika otak tidak mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkannya, maka perlahan otak mulai mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *