Surga Air (Rafting) di Sungai Ciwidey

Surga Air (Rafting) di Sungai Ciwidey – Sejarah Singkat Ciwidey Ciwidey adalah salah satu kecamatan dari 31 Kecamatan d Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini terletak di sebelah selatan Kota Bandung. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur selatan.13882505771876166304

Mengutip dari armyants.org Ciwidey memiliki sejarah nama yang berasal dari bahasa Portugis Kuno, dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Sedangkan dalam bahasa Yunani Kuno nama Ciwidey berasal dari kata Ciwos yang berarti sapi dan Dos yang berarti lima. Daerah ciwidey ini terletak d sebelah selatan Kota Bandung. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur selatan. Ciwidey dkenal sebagai daerah tujuan ziarah, dan juga sebagai daerah penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan.

13882498631418471304

Wisata Kawah Putih

D kawasan Ciwidey ini terdapat beberapa kawasan wisata yang memiliki pemandangan yang indah, dantaranya ada kawasan wisata Kawah Putih. Kawah putih terletak d Gunung Patuha yang terletak d Jawa Barat. Ketinggian gunung ini adalah 2.386 meter. Kawah ini memiliki kelebihan yang dapat memberikan kita pemandangan berbeda. Da kawah ini kita seolah-olah berada dsalju karena tanahnya yang putih, selain itu kawah ini memiliki air yang berwarna hijau kebiruan seolah-olah kita berada d pantai dan lain sebagainya.

Wisata Situ Patenggang

Selain Kawah Putih ada juga kawasan wisata yang i gemari oleh masyarakat setempat yaitu kawasan Situ Patenggang. Situ Patenggang ini adalah sebuah danau yang memiliki kesan mistis dengan dsertai legenda klasik kerajaan masa lampau. Asal muasal nama dari situ patenggang itu adalah Situ yang artinya danau dan patenggang berasal dari bahasa sunda yaitu pateangan-teangan yang artinya saling mencari-cari. Ceritanya, dulu d seputaran danau ini ada pasangan yang saling mencari kemuian dertemukan d sebuah batu yang kemudan terkenal dengan sebutan batu cinta, terletak d tengah-tengah danau.

Wisata Perkebunan Teh

1388250006949202998

Selain Kawah Putih dan Situ Patenggang ciwidey memiliki kawasan wisata yang menarik, menddk dan indah yaitu daerah Gambung. Gambung yang letaknya tidak jauh dari kawasan pangalengan. Daerah Gambung tersebut memiliki perkebunan teh yang menjad salah satu penghasilan untuk masyarakat ddaerah tersebut. Salah satu Daya Tarik d Daerah Gambung ini yaitu dengan memiliki panorama yang indah, yang juga terhamparnya perkebunan teh yang luas yang membuat pemandangan semakin indah.

13882500541845746265

Gambung memiliki wisata yang mendk namun tidak banyak orang mengetahuinya, Salah satunya ialah lewat wisata Ngebekong. Salah satu cara untuk mengembangkan Daya Tarik yang dmiliki oleh Gambung ini yaitu adalah dengan mengenalkan Wisata Ngabengkong kepada masyarakat Bandung minimal. Namun lebih baik lagi jika seluruh Indonesia mengetahui adanya wisata yang menddk dan mengetahui mengenai perkebunan teh i Gambung.

Ngabekong ialah sebuah istilah dalam bahasa sunda

yang berarti menyimpan tanaman muda sebelum dtanamkan ke ladang. Rumah Pintar Satoe dan Pusat Penelitian Teh dan Kina Gambung (The Research Institute for Tea and Cinchona) yang menyusun aksi wisata semacam ini yang bakal mengajak anak-anak untuk menelusuri prosesi bercocok tanam teh secara khusus dan detil.

Lewat program wisata ini anak-anak akan iperkenalkan bagaimana sayuran yang biasanya mereka konsumsi dalam kesehariannya itu tumbuh dan berkembang. Dmulai dengan fase benih, kemudian dtanam d ladang, dpetik, sampai pada simulasi jual-beli antara petani dengan pembelinya. Adapun anak-anak yang berwisata kesini akan dajari bagaimana cara menanam berbagai sayuran semisal buncis, cabai, kacang-kacangan, paprika, atau mengolah teh.

Untuk “Ngabekong” teh d Gambung, wisatawan bisa melihat produksi teh pula. Terletak i lereng Gunung Tilu, d antara dua kawasan perkebunan teh Jawa Barat Malabar dan Patuha, pengunjung akan dajari mulai dari bagaimana cara memetik teh yang baik dan benar, menyaksikan proses penimbangan teh i kebun, pelayuan, pengeringan, dan penggilingan. Usai Ngabekong, wisatawan bisa memboyong oleh-oleh hasil panen, meda tanaman, benih, tanah, atau pupuk organik untuk ibawa ke rumah.

Selain “Ngabekong” daerah Gambung ini memiliki perpustakaan Pusat Penelitian Teh dan Kina yang ddalamnya terdapat banyak sejarah mengenai Teh d Indonesia yang sepertinya jarang orang mengunjungi perpustakaan tersebut. Buku-buku idalam perpustakaan tersebut menarik karena banyaknya sejarah mengenai Teh dan Kina, namun buku-buku itu kebanyakan berbahsa Belanda.

Wisata Arung Jeram (Rafting)

1388250390283400842Disamping keindahan Wisata Kawah Putih, SituPatenggang dan Gambung. Ada satu tempat wisata yang luput dari perhatian masyarakat umum. Tempat tersebut berada di daerah Pasir Jambu-Ciwidey. Tempat wisata yang saya maksud adalah Sungai Ciwiday. D Sungai sepanjang 20 Km tersimpan sebuah keistimewahan bagi masyarakat yang hobi dengan olah raga air seperti Arung Jeram (Rafting). Surga Air (Rafting) d Sungai Ciwidey

Sungai Ciwidey d penuhi dengan bebatu yang menjad daya tarik tersendri

untuk olah raga air, arung jeram. Dbukanya sungai tersebut untuk kegiatan refting sejak tahun 2004 lalu. Namun tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya. Begitupun tidak adanya perhatian dari pemerintah daerah.

1388250508101106695Kondsi sungai yang bebatuan itu dtambah dengan view samping suangai dengan pohon-pohon rindang yang menambah keindahan sungai tersebut. Pada tanggal 22 Desember lalu saya bersama teman-teman melakukan arung jeram (rafting) d sungai tersebut. Keindahan dan kepuasan yang saya rasakan dalam rafting d sungai tersebut sangat luar biasa berkesan dan tidak dapat dungkapkan dengan kata-kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *