Umat Muslim Ganti Shalat Jumat dengan Dzuhur di Rumah

Umat Muslim Ganti Shalat Jumat dengan Dzuhur di Rumah

Umat Muslim Ganti Shalat Jumat dengan Dzuhur di Rumah

Umat Muslim Ganti Shalat Jumat dengan Dzuhur di Rumah – Badan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan panggilan untuk Muslim Muhammadiyah dan untuk sementara menggantikan pelaksanaan layanan shalat Jumat siang. Ketua Muhammadiyah Haedar Nasir mengirimkan panggilan melalui informasi download melalui akun resmi Muhammadiyah Instagram @lensamu Jumat (2020/03/20).

“Dalam konteks epidemi Covid-19, di bawah prinsip urgensi yang dipandu Al-Quran dan Al-Sunnah Al-Maqbulah dan mengacu pada deklarasi Muhammadiyah, Muhammadiyah mengimbau agar umat Islam Muhammadiyah anggota dan berdoa siang di kediaman menggantikan masing-masing sholat Jumat di masjid”, tulis pernyataan itu.

Haedar takmir juga berkata bahawa masjid tidak harus memegang solat Jumaat di masjid seperti biasa. Sementara itu, tetamu juga solat mandatori atau wajib dalam jemaah untuk melaksanakan dalam rumah mereka untuk beberapa ketika. “Semoga Allah melimpahkan rahmat dan perlindungan dari hamba-hambaNya yang beriman dan beramal soleh,” kata kenyataan itu.

Nahdlatul Ulama (NU) menyerukan umat Islam yang tinggal di coronavirus dari zona merah (Covid-19) tidak melaksanakan shalat Jumat di masjid. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Jika Muslim tinggal di mahkota virus dari zona merah, sementara Muslim didorong untuk berdoa untuk makan siang di rumah mereka dan tidak memaksakan doa diadakan Jumat di masjid,” kata presiden dari Institut Bahtsul Masail NU Najib Hassan dalam sebuah pernyataan Kamis (19/3/2020).

Hassan berkata, orang yang tinggal di zon merah juga disyorkan untuk tidak shalat berjama’ah. Dan mengurangkan aktiviti yang boleh membuat orang ramai. “Sebaliknya, mereka salat Zuhur atau jemaah di rumah mereka,” katanya. Bagi umat Islam yang berada dalam zon kuning Covid-19, kata Hassan, masih dibenarkan untuk menunaikan solat Jumaat atau solat berjemaah di masjid.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *